Perbandingan spesifikasi Komputer Tablet antara Apple Ipad, Samsung Galaxy Tab, Blackberry Playbook, dan Dell Streak

Posted: 25/12/2010 in Kabar Teknologi

Langkah Apple yang menghadirkan iPad memprovokasi produsen komputer dan produsen non-PC untuk membuat tablet PC tandingan. Di lain pihak Apple mengatakan telah menjual lebih dari 450 ribu iPad dalam beberapa hari pertamanya Konsumen terpikat dengan cara baru menggunakan komputer yang direpresentasikan iPad mengusung faktor layar sentuh dan hiburan tanpa keyboard.Tetapi komentator dan konsumen juga telah membicarakan kekurangan iPad, misalnya menyangkut kamera. Selain itu ketidakmampuan lebih banyak dalam hal konten hiburan web seperti video, jika berbentuk Flash.

Maka dari itulah sekarang mulai bermunculan tablet PC sejenis yang di klaim mampu bekerja lebih baik dari ipad,,tetapi apa benar ipad akan bergeser dari singgasana?? Yuk kita liat spesifikasi beberapa saingan berat Ipad.

Apple Ipad
Dengan dimensi panjang 9.56 inchi (242.8 mm), lebar 7.47 inchi ( 189.7 mm) dan ketebalan 0.5 inchi (13.4 mm), beratnya tidak lebih dari 0.68 kg. Kalau anda pernah mempunyai iPod Touch ataupun iPhone 3G, kira-kira bentuknya ya seperti itu. Permukaan layar sentuhnya sangat tahan gores (temanku pernah menggores layar iPhone dengan kunci kontak sepeda motor tanpa menimbulkan bekas sedikitpun dilayarnya). Sama-sama menggunakan layar sentuh transitive, sehingga tidak memerlukan stylus untuk mengakses menu, cukup sentuh, geser dan “cubit” layarnya maka kita bisa berinteraksi dengan semua program yang ada.

Sejatinya alat ini tidak bisa digunakan untuk komputasi tingkat menengah. Menggunakan prosesor Cortex A8, RAM hanya 256MB dan ditunjang PowerVR SGX 535 untuk memperkuat pengolahan tampilan, iPad tidak lebih dari sebuah iPod Touch dengan bodi yang 3x lebih bongsor, layar lebih lebar dan ketersediaan hardisk solidstate 16,32 dan 64 GB.

iPad lebih mengedepankan fungsi sebagai eBook reader, internet tablet dengan model dan desain yang sangat funky.

Samsung Galaxy Tab

Desain Galaxy Tab, cukup ringan 380 gram dengan dimensi ramping sehingga mudah digenggam dan digunakan. Belum lagi pengguna dimanjakan dengan layar 7 inci TFT-LCD yang mampu memberikan tontonan film, melihat gambar, membacara atau berbagi dokumen.Selain itu pengguna dengan mudah berkomuikasi melalui email, telephone dan video call, SMS/MMS atau jaringan social dengan ‘User Interface’ yang sudah dioptimalkan.

Dengan didukung Adobe Falsh Player 10.1 terbaru. Serta aplikasi prosesor Cortex A8 1.0GHz, yang memberikan kinerja tinggi.Untuk mengoptimalkan penggunaan Samsung smart phones dan perangkat smart media, di Android Marketplace Samsung menambahkan aplikasi yang sudah di pre-loade yakni Readers Hub yakni buku yang terintegrasi, majalah dan surat kabar yang memberikan solusi e-Reading.

E-reading merupakan software perpustakaan digital pribadi dan took buku online yang dapat diakses. Dan Samsung menjalin kerjasama dengan Mugi Restu Abadi (MRA) media group dan Kompas-Gramedia sebagai penyedia konten majalah dan Koran.Harga untuk Samsung Galaxy Tablet ini dibandrol Rp 6.999.000 dan termasuk paket unlimented Indosat selama enam bulan

Blackberry Playbook

Harga Blackberry Playbook yang nantinya dijual berkisar antara $1000-1300 saja (RP 9 juta- 12 Juta), spesifikasi Blackberry Playbook adalah gadget yang berteknologi berbasiskan komputer yang betuknya sangat simple, lebih simple lagi dari pada netbook Aspire One D255.
Bentuk serta bobot BlackBerry Playbook lebih mantap dibandingkan dengan Apple iPad. Walaup sama berbobot di bawah 1 kg, iPad berbobot 0,68 kg–0,73 kg, dan Playbook hanya 0,4 kg. Playback juga lebih kecil, yakni berukuran 130mm x 193mm x 10mm dengan layar 7 inci dibandingkan dengan iPad 242.8mm x 189.7mm x 13.4mm. “Saat digenggam langsung terasa pas di tangan Anda,” ungkap Mike Lazaridis, President and Co-CEO RIM pada keynote speech Devcon 2010 hari ini.
Namun ingat tidak terdapat koneksi seluler di Playbook, tetapi terdapat WiFi untuk pengguna yang ingin mengakses internet. Walau Playbook tak bisa digunakan untuk menelepon, Playbook masih bisa dihubungkan secara nirkabel melalui perangkat BlackBerry melalui koneksi WiFi sebagai layar kedua yang lebih lebar sehingga anda bisa mengetahui aktivitasnya saat menelepon. WiFi juga bisa digunakan untuk mengakses layanan seluler lewat BlackBerry.

Dell Streak
sebuah tablet berbasis Android™ berukuran 5 inci, didisain untuk memberikan penggunanya hiburan terbaik, koneksi sosial dan pengalaman navigasi yang menyenangkan selagi bepergian.Layar lebar berukuran 5-inci sangat ideal untuk pengalaman pengguna menggunakan ribuan widgets, games dan aplikasi di Android Market™, tanpa mengesampingkan portabilitas.Layar berukuran 5 inci ini cukup besar untuk memperlihatkan halaman-halaman web dalam bentuk naturalnya, membuat pengalaman menonton yang lebih nyaman, dan membuat navigasi lebih mudah dan aman.
Dell Streak menggunakan solusi Snapdragon™ dari Qualcomm dengan prosesor 1GHz terintegrasi guna menggabungkan fungsi dasar, performa dan manfaat dari sebuah laptop dalam sebuah ukuran saku.”Dell streak adalah perpaduan menarik antara Tablet computer, netbook, GPS & AGPS, Music Player, HD Camera dan juga Smartphone. Semuanya dalam satu paket 5″ yg menarik dan mudah masuk di kantong pria atau dalam tas wanita,” kata Andreas Diantoro, Managing Director, ASEAN, Dell Global B.V.“Ukurannya yang unik ini memungkinkan orang untuk menikmati cara-cara baru, terkoneksi dan melakukan navigasi dalam kehidupannya.”
Dell Streak dirancang dengan pemikiran masa depan, dan untuk itu akan mendukung update yang dilakukan over-the-air, termasuk upgrade platform, seperti Adobe Flash 10.1 pada Android™ 2.2, aplikasi video chat dan inovasi peranti lunak yang dapat diupgrade pada akhir tahun ini.

Perbandingan Sfesifikasi

Perang Android Vs Apple

Apple boleh saja menepuk dada atas pencapaian iPhone saat ini. Namun, Apple mesti mewaspadai geliat Google Android yang dinilai sebagai ancaman terbesarnya.Menurut hasil studi AdMob—yang merupakan milik Google–, secara global, iPhone mengantongi 50 persen pangsa pasar sistem operasi untuk smartphone di bulan Februari 2010.
“Android adalah sistem operasi yang meroket deng

an cepat di jaringan AdMob dari tahun ke tahun. Melesatnya pertumbuhan pasar Android ini ikut didongkrak oleh sejumlah perangkat yang mengusungnya, yakni Motorola Droid, Motorola CLIQ dan smartphone HTC.

Apakah nantinya Google Android akan mampu menyungkurkan Apple iPhone? Kita lihat saja…

 

 

 

 

 

 

(Cyber Bisnisku XB)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s